14.1.12

Wayang Kulit Kerajinan Dua Dunia


KERAJINAN WAYANG KULIT seperti kita tahu, adalah produk kearifan budaya yang eksistensinya telah teruji. Sejak jaman para Mpu (jaman kerajaan kuno) hingga saat ini, wayang tak pernah lekang oleh waktu. Sebagai tontonan, pertunjukan wayang apapun jenisnya sekaligus juga mengandung unsur sebagai tuntunan. Memang diakui atau tidak , banyak sekali nilai tuntunan tentang hidup dan kehidupan yang terkandung dalam seni pertunjukan wayang.
Meskipun ada sementara orang yang mengatakan , bahwa didalam wayang tidak ada pengampunan dan rekonsiliasi, namun wayang atau pertunjukan wayang sejatinya adalah pewartaan tentang pendidikan moral dalam kehidupan.
Sesuai dengan namanya, KERAJINAN WAYANG dalam kehidupan sehari-hari orang jawa WAYANG diyakini sebagai wewayangan atau bayangan atau dengan makna konotasi adalah bayang-bayang atau simbol kehidupan. Oleh karena itu jika, seseorang tak memahami arti yang sebenarnya, maka orang tersebut akan terjebak pada penilaian yang sempit dan menjustifikasi bahwa di dalam wayang tidak ada pengampunan dan rekonsiliasi.
Tanpa bermaksud menaifkan asumsi atau pemahaman seseorang terhadap “cinta-kasih” yang sebenarnya, jika dipelajari secara detail jagad pewayangan (dunia wayang) penuh dengan symbol kehidupan, didalamnya terdapat nilai-nilai petuah, asmara, cinta-kasih, keindahan / kebenaran, dan keburukan / kejahatan. Wayang, di era globalisasi seperti ini pasti masih sangat diperlukan kehadiranya. Sebab, sesuai dengan eksistensinya yang tak pernah lekang ditelan waktu, wayang, dengan kandungan nilai moralnya diharapkan bisa dijadikan sarana untuk membendung pengaruh negatif yang terbawa berjalan seiring adanya pengaruh globalisasi.
Budaya Wayang sangat positif untuk mendampingi pengaruh era globalisasi yang tidak semuanya bisa berpengaruh positif. Semoga saja ada yang peduli terhadap pelestarian seni dan budaya Wayang asli Indonesia ini. Ada dua dunia, yaitu dunia kehidupan yang riil dan dunia abstrak. Wayang sebagai dunia "abstraksi" adalah salah satu warisan budaya dunia yang bisa berguna untuk menyampaikan pesan-pesan moral bagi perkembangan kebudayaan manusia. (Suryo Art)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar