11.10.11

SEMAR - Kerajinan Wayang Kulit Asli Solo Jawa Tengah

Semar - wayang kulit asli

Semar adalah salah satu Bethara dalam tokoh pewayangan jawa. Bapak dari kelompok Punakawan ini pitutur / nasihatnya sangat dibutuhkan oleh Pandawa Lima kelompok lima bersaudara pembela kebenaran ; Puntadewa, Janaka, Werkudara, Nakula, Sadewa. Karenanya semar adalah abdi kinasih dari Pandawa Lima. Meskipun semar adalah seorang dewa , ia turun ke  bumi untuk melayani kebenaran dengan menjadi abdi atau pesuruh dari pandawa lima. 
Nama lain Semar adalah; Nayataka, Bodronoyo, Ismoyo, Janggan asmarasanta. Tempat tinggal semar di padukuhan Karang Kedempel. Istrinya bernama Dewi Kanastren. Semar memiliki 3 orang anak yang merupakan tokoh dari Punakawan yaitu Gareng, Petruk, Bagong. Ayah semar adalah seorang dewa kahyangan bernama Sang Hyang Tunggal. Semar memiliki 2 orang saudara yaitu Bethara Manikmaya ( Hyang Guru ) dan Bethara Antaga ( Togog ). Selain itu semar juga memiliki anak yang tinggal di Kahyangan yaitu Dewa Yamadipati, Kamajaya, Pathuk, Temboro, Surya.
     Wayang Kulit asli tokoh semar ini merupakan koleksi produk dari kami. Bahan utama Wayang Kulit ini adalah kulit kerbau asli. Bisa di tempatkan pigura kaca jika hanya untuk hiasan dinding, bila digunakan untuk pentas pedalangan atau soufenir unik atau koleksi tinggal ditambahkan gapit / gagang dari tanduk kerbau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar